NAGA MOTOR - Sangat beruntung Hendri Samudra kenal baik sama pemodifikasi Jeni Ramdhani, pemilik Purnama Motor. Kalau tidak, mungkin akan "perang hebat" bersama istri tercintanya Yanti Haryanti. Pemicunya, soal modifikasi.
Hendri ingin Yamaha V-ixion produksi 2006 punyanya dirombak model replika BMW 1000 RR, sementara istri yang juga hobi modifikasi ingin besutan seperti Honda CBR 1000 RR. Begitu yang disampaikan Jeni.
Akhirnya, Jeni memberi solusi jitu. Ia mengusulkan menggabungkan dua keinginan (konsep) tersebut pada V-ixion dan diterima. Builder asal Banjar itu coba membagi rata dengan menonjolkan ciri yang kuat dari BMW 1000 RR dan Honda CBR 1000 RR.
Seperti desain jok ganda (double sitter), sangat kental model CBR 1000 RR. Sedang tangki bensin, lengan ayun, hornet dan sepatbor depan, jelas teste BMW. Hanya, faktor kesulitan dialami Jeni menyangkut desain tangki karena pemilik ingin aslinya jangan sampai diubah.
Bukan Jeni kalau tidak bisa mengatasinya. Caranya, desain tangki dibuatkan kondom agar, selain tangki asli masih dipertahankan, juga memudahkan standardisasi dan perawatan. Meski, prosesnya diakui lumayan ribet karena harus dibagi dalam empat bagian (atas samping kanan dan kiri). Kemudian dudukan dibuatkan di bagian bawah tangki.
Kemudian bagian bawah samping kanan-kiri menyatu dengan tutup aki. "Hal tyerpenting sebelum pemasangan kondom tangki adalah melapisi tangki asli dengan isolasi rapat pada semua bagian," jelas Jeni yang dibantu Kang Ade sebagai peracik fiber.
Saat membentuk fiber, Kang Ade menggunakan tanah liat sebagai media desain. Langkah seperti ini banyak dilakukan desainer motor dari Eropa. Keuntungannya, menurut Ade, selain memudahkan kerja karena tekstur liat itu sangat elastis dan mudah dibentuk seperti apapun. Hasilnya pun optimal.
Hendri ingin Yamaha V-ixion produksi 2006 punyanya dirombak model replika BMW 1000 RR, sementara istri yang juga hobi modifikasi ingin besutan seperti Honda CBR 1000 RR. Begitu yang disampaikan Jeni.
Akhirnya, Jeni memberi solusi jitu. Ia mengusulkan menggabungkan dua keinginan (konsep) tersebut pada V-ixion dan diterima. Builder asal Banjar itu coba membagi rata dengan menonjolkan ciri yang kuat dari BMW 1000 RR dan Honda CBR 1000 RR.
Seperti desain jok ganda (double sitter), sangat kental model CBR 1000 RR. Sedang tangki bensin, lengan ayun, hornet dan sepatbor depan, jelas teste BMW. Hanya, faktor kesulitan dialami Jeni menyangkut desain tangki karena pemilik ingin aslinya jangan sampai diubah.
Bukan Jeni kalau tidak bisa mengatasinya. Caranya, desain tangki dibuatkan kondom agar, selain tangki asli masih dipertahankan, juga memudahkan standardisasi dan perawatan. Meski, prosesnya diakui lumayan ribet karena harus dibagi dalam empat bagian (atas samping kanan dan kiri). Kemudian dudukan dibuatkan di bagian bawah tangki.
Kemudian bagian bawah samping kanan-kiri menyatu dengan tutup aki. "Hal tyerpenting sebelum pemasangan kondom tangki adalah melapisi tangki asli dengan isolasi rapat pada semua bagian," jelas Jeni yang dibantu Kang Ade sebagai peracik fiber.
Saat membentuk fiber, Kang Ade menggunakan tanah liat sebagai media desain. Langkah seperti ini banyak dilakukan desainer motor dari Eropa. Keuntungannya, menurut Ade, selain memudahkan kerja karena tekstur liat itu sangat elastis dan mudah dibentuk seperti apapun. Hasilnya pun optimal.
0 comments:
Post a Comment